Tesis

Kemampuan Osmolalitas Urin Sore Hari Dalam Memprediksi Status Hidrasi Optimal pada Populasi Sehat = Diagnostic Performance of Afternoon Urine Osmolality to Assess Optimal Hydration Status in Healthy Population.

Latar Belakang: Hidrasi optimal merupakan hidrasi yang mencukupi untuk menggantikan kehilangan cairan, menjamin produksi urin cukup untuk mengurangi risiko urolitiasis dan penurunan fungsi ginjal, serta mencegah keluarnya arginin vasopresin (AVP). Osmolalitas urin 24 jam diketahui dapat mengukur status hidrasi seseorang, namun dirasakan memberatkan karena kemungkinan urin tercecer dan membatasi aktivitas kerja. Oleh karena itu, dibutuhkan metode yang lebih sederhana untuk menggantikan pemeriksaan tersebut. Penelitian sebelumnya menunjukkan osmolalitas urin sore memiliki nilai terdekat dengan osmolalitas urin 24 jam. Namun, belum ada penelitian yang mengukur kemampuan urin sore hari sebagai penentu status hidrasi optimal.

Tujuan: Mengetahui peranan pemeriksaan osmolalitas urin sore hari untuk menilai status hidrasi optimal dibandingkan dengan osmolalitas urin 24 jam.

Metode: Studi diagnostik dengan desain studi potong lintang terhadap subjek sehat berusia 18-59 tahun dengan menganalisa kurva ROC untuk mendapatkan titik potong dan akurasi osmolalitas urin sore hari dalam menilai status hidrasi optimal.

Hasil: Antara bulan Agustus-September 2016 terkumpul 120 subjek (73,8% perempuan, median usia 32 tahun) yang memenuhi kriteria penelitian dengan median osmolalitas urin 24 jam 463,5 (95% IK, 136-1427) mOsm/kg H 2 O dan median osmolalitas urin sore hari 513 (95% IK, 73-1267) mOsm/kg H 2 O. Pada analisis didapatkan korelasi sedang (r= 0,59; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Ni Made Hustrini - Nama Orang
Parlindungan Siregar - Nama Orang
Ginova Nainggolan - Nama Orang
Kuntjoro Harimurti - Nama Orang

No. Panggil
T 16 389 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 66 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16389FKT16389FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kemampuan Osmolalitas Urin Sore Hari Dalam Memprediksi Status Hidrasi Optimal pada Populasi Sehat = Diagnostic Performance of Afternoon Urine Osmolality to Assess Optimal Hydration Status in Healthy Population.

Related Collection